MENGOPERASIKAN SOFTWARE PENGOLAH KATA


A.      Pengenalan Software Pengolah Kata
 Perangkat lunak Word Processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional dibanding dengan program teks yang sudah ada.
Ciri khas perangkat lunak pengolah kata secara umum adalah mengolah dari karakter, kata, atau kalimat yang akhirnya membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu halaman, dan kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file atau dokumen.
Saat ini sudah terdapat banyak sekali perangkat lunak pengolah kata yang bisa mengerjakan bermacam tugas yang sangat kompleks. Contohnya adalah Wordstar, ChiWriter, WordPerfect, Microsoft Word, KWriter, OpenOffice Writer, dan AmiPro.
Dalam sistem operasi berbasis teks seperi DOS, kita bisa memanfaatkan perintah copy icon untuk membuat file teks, walaupun sifatnya sangat terbatas. Sedangkan dalam sistem operasi GUI seperti Windows sebenarnya sudah ada Notepad maupun Wordpad yang kemampuannya dalam mengolah kata sudah cukup baik. Namun, karena tuntunan terhadap kebutuhan untuk bekerja dengan teks dan objek-objek lain yang semakin kompleks, akhirnya harus dipergunakan perangkat lunak yang benar-benar bisa memenuhinya.
Microsoft Word adalah paket program pengolah kata yang berbasis pada sistem operasi Microsoft Windows yang telah mengalami perkembangan hingga yang terbaru, yaitu Microsoft Word 2007.

B.      Mengoperasikan Microsoft Word 2007
Perangkat lunak pengolah kata yang paling banyak digunakan saat ini adalah Microsoft Word, maka sebagai contoh aplikasi kita akan menjelaskan langkah-langkah mengoperasikan perangkat lunak tersebut. Ada beberapa cara untuk mengakses software aplikasi Microsoft Word yang sudah diinstal sebagai berikut.
1.       Melalui Menu RUN
Langkah- langkah menjalankan Microsoft Word dari menu Run sebagai berikut.
a.       Klik menu Start
b.      Klik menu Run
c.       Klik Browse
d.      Cari letak dari file yang akan kita buka. Misalnya di Program Files\Microsoft Office\WINWORD.exe. setelah tepilih klik OK.
2.       Melalui Search
Langkah-langkah menjalankan Microsoft Word dari menu Search sebagai berikut.
a.       Klik Start
b.      Klik Search
c.       Klik All files and folders
d.      Pada form isian kita bisa menuliskan nama file yang ingin kita cari, misalnya Winword
e.      Setelah ditemukan klik pada file Winword, maka file tersebut akan di eksekusi
3.       Melalui Windows Explorer
Langkah-langkah menjalankan Microsoft Word dari Wondows Explorer sebagai berikut.
a.       Klik menu Start
b.      Klik pada pilihan Accesories
c.       Klik pada pilihan Windows Explorer
d.      Cari letak program yang akan kita buka. Misalnya di Program files\Microsoft Office\WINWORD.exe
e.      Klik ganda pada WINWORD.exe
4.       Melalui Shortcut
Apabila shortcut di dekstop belum ada kita bisa membuatnya dengan langkah-langkah berikut.
a.       Klik Start
b.      Klik All Programs
c.       Klik folder Microsoft Office
d.      Arahkan kurso pada arah folder Microsoft Office Word 2007
e.      Klik kanan pilih Send to
f.        Pilih Dekstop (create shortcut)

Untuk menjalankan Microsoft Office Word 2007, klik ganda pada shortcut tersebut.
5.       Melalui Start
Langkah-langkah menjalankan Microsoft Word menggunakan menu Start sebagai berikut.
a.       Klik Start
b.      Klik All Programs
c.       klik folder Microsoft Office
d.      klik Microsoft Office Word 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar